Manfaat permainan puzzle untuk mengasah otak anak


Tentunya hampir semua orang pernah bermain puzzle. Akan tetapi, sebagian menyenanginya dan sebagian lagi tidak. Bagi mereka yang menyenangi, permainan puzzle dapat memberikan kepuasan yang tak ternilai saat berhasil menyelesaikan tantangan puzzle. Tapi ternyata, tidak hanya menyenangkan, permainan puzzle memiliki manfaat yaitu mengasah otak.

Walau sudah menginjak usia dewasa sekalipun, Anda tidak perlu malu bermain puzzle. Karena pada dasanya permainan puzzle memiliki banyak tingkatan kesulitan. Pilihlah tingkat kesulitan yang sesuai dengan usia Anda.

Beberapa penggemar permainan puzzle biasanya akan cenderung mengoleksi berbagai puzzle. Hal ini cukup wajar dilakukan, sama seperti ketika Anda menyenangi barang tertentu. Nah, berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda peroleh dari bermain puzzle:

   1. Meningkatkan daya ingat

Permainan puzzle dapat meningkatkan kemampuan daya ingat jangka pendek. Sebab pada permainan puzzle Anda menggunakan otak untuk mengingat kembali bentuk dan warna gambar puzzle yang sedang disusun. Oleh karena itu, jika Anda sering bermain puzzle, otak akan terlatih dalam mengingat, terutama ingatan jangka pendek.

   2. Meningkatkan kemampuan dalam penyelesaian masalah

Permainan puzzle menuntut pemainnya untuk melakukan trial and error dan dikombinasikan dengan pendekatan sistematis. Hal ini akan mengasah kemampuan otak untuk melakukan hassle fixing dengan efektif dan kreatif.

   3. Mengasah kemampuan geometri abstraksi ruang

Dalam menyelesaikan puzzle dituntut untuk menggunakan berbagai kemampuan berpikir, termasuk kemampuan geometri dan abstraksi ruang. Hal ini terutama dapat Anda temui pada permainan puzzle tiga dimensi.

Anda dituntut agar dapat membayangkan bagaimana ruang akan terbentuk agar dapat menyelesaikan puzzle tersebut. Inilah mengapa rutin bermain puzzle dapat mengasah kemampuan geometri dan abstraksi ruang Anda.

   4. Meningkatkan produksi dopamin

Bermain puzzle, terutama bagi yang menggemarinya, dapat meningkatkan produksi dopamin yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan motorik, meningkatkan kekuatan konsentrasi, optimisme, percaya diri, dan rasa senang. Inikah cikal bakal dari peningkatan kemampuan otak sebagai efek dari sering bermain puzzle.

Keempat manfaat bermain puzzle di atas tentunya dapat diperoleh jika Anda rutin memainkannya. Dengan demikian, otak Anda terus digunakan untuk berpikir, sehingga kemampuannya akan tetap terasah. Tunggu apa lagi? Yuk, major puzzle!

Click to comment